nusakini.com--Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama bekerjasama dengan DWP Kemenag Provinsi Lampung menggelar kampanye madrasah bersih dan sehat di provinsi Lampung. Penasihat DWP Kemenag Trisna Willy Lukman Hakim mengajak stakeholders madrasah untuk pro aktif dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang bersih dan sehat. 

Menurutnya, kebersihan dan kesehatan merupakan salah satu aspek kemasyarakatan yang menjadi perhatian dalam sistem ajaran Islam. "Konsep Islam mengenai kebersihan dan kesehatan harus dapat dipraktikkan dalam kehidupan madrasah," katanya di hadapan peserta Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, di MTsN 2 Bandar Lampung, Rabu (15/3). 

Untuk menciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di madrasah, kata Trisna Willy membutuhkan sikap proaktif dan keterlibatan seluruh elemen internal madrasah, seperti kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan murid. Tidak hanya itu, menjaga kebersihan lingkungan juga perlu keterlibatan masyarakat. 

"Jangan lupa kita juga perlu melibatkan elemen di luar madrasah, bisa Komite Madrasah, Kementerian Agama kabupaten/kota, Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan lain sebagainya," ujarnya. 

Pada tahun 2012, Direktorat Pendidikan Madrasah telah menerbitkan buku Pedoman Teknis Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Madrasah. Pedoman Teknis tersebut menguraikan tiga hal, yaitu: (1) standar sarana dan prasarana pengelolaan dan pemeliharaan air limbah; (2) pedoman penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) pengelolaan dan pemeliharaan air limbah; dan (3) pedoman pengelolaan sampah padat. Trisna Willy berharap pedoman teknis tersebut bisa menjadi panduan bersama dalam membentuk lingkungan madrasah yang sehat dan bersih di Lampung. 

MTsN 2 Bandar Lampung yang menjadi tempat pembinaan ini akan mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Sekolah Sehat Unit Kesehatan Sekolah (LSS UKS) Madrasah tingkat nasional pada tanggal 24 - 29 April 2017 mendatang. 

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DWP Kemenag Pusat Indah Nur Syam beserta jajaran pengurusnya, Ketua DWP Provinsi DKI Jakarta Umi Khairani Rahman, Ketua DWP Kemenag Provinsi Lampung Apriyani Suhaili dan Ketua DWP IAIN Raden Intan Lampung beserta segenap guru dan murid MTsN 2 Bandar Lampung. 

Hadir juga Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Suhaili beserta seluruh jajarannya. (p/ab)